4 Penyakit Anak yang Disebabkan oleh Virus

Orang tua tentu memiliki peran yang sangat besar dalam setiap pertumbuhan anak. Tidak hanya berperan untuk memberikan pola asuh terbaik agar anak bisa tumbuh dengan optimal dan cerdas, orang tua juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan buah hatinya. Perlu diketahui bahwa daya tahan tubuh anak, terutama yang masih berusia di bawah 10 tahun, masih lemah dan rentan terkena penyakit.

Daya tahan tubuh yang lemah harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua karena anak bisa terjangkit beragam penyakit kapanpun dan dimanapun. Bakteri dan virus merupakan dua penyebab penyakit yang paling sering menyerang anak-anak dan membuatnya tidak bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Berikut kita akan membahas beberapa penyakit anak yang disebabkan oleh virus yang harus anda ketahui sebagai langkah pencegahan. Selamat membaca.

virus anak

Beberapa Penyakit Anak yang Disebabkan oleh Virus

Influenza

Influenza, yang sering dikenal dengan flu, merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak yang disebabkan oleh virus. Orang tua harus memahami bahwa virus influenza termasuk virus yang sangat cepat untuk menular, khususnya melalui media udara. Virus influenza yang menyerang pada anak akan menyebabkan anak susah bernafas karena hidung tersumbat, tenggorokan gatal, demam, pilek dan lainnya sebagai sebuah gejala awal.

Selain itu, influenza juga sering muncul pada waktu pergantian musim. Ketika musim pancaroba, dimana suhu udara sering berubah dan tidak stabil, maka virus ini sering muncul dan menyerang anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Virus ini tentu tetap harus diwaspadai karena anak yang terserang flu akan menjadi lemas dan jika dibiarkan berlarut, bisa saja influenza menjadi sebab hal yang lebih buruk untuk terjadi.

Campak

Penyakit kedua yang sering menyerang anak dan disebabkan oleh virus adalah campak. Tentu kita sudah paham dengan salah satu penyakit kulit ini. Ya, campak adalah salah satu penyakit kulit yang akan membuat bintik-bintik merah muncul pada kulit dengan rasa gatal yang membakar.

Campak disebabkan oleh virus yang bernama Rubeola. Gejala campak biasanya ditandai dengan ruam pada kulit. Jika tidak segera ditanggulangi, ruam akan berubah menjadi bintik merah yang bisa menjalar hingga ke seluruh tubuh. Penting bagi orang tua untuk segera membawa anaknya ke dokter jika melihat gejala campak karena selain virus ini sangat menular, campak akan mengisolasi anak anda dari pergaulan dengan temannya untuk beberapa waktu.

Polio

Polio menjadi musuh terbesar bagi anak. Ini adalah salah satu penyakit yang dibawa oleh virus denga efek yang luar biasa. Ya, polio dapat menyebabkan kelumpuhan yang akan membuat anak anda tidak bisa beraktivitas sama sekali. Polio sering menyerang anak usia 3 hingga 5 tahun. Ditandai dengan masuknya virus melalui mulut, polio akan menyebabkan infeksi usus lalu menyerang saraf sehingga dalam waktu yang singkat, polio akan berujung kelumpuhan.

Hepatitis A

Penyakit lain yang bisa menyerang anak dan disebabkan oleh virus adalah hepatitis A. Virus ini disebarkan oleh virus hepatitis yang tergolong mudah menyerang anak dengan tingkat imunitas yang rendah. Virus hepatitis adalah virus yang disebarkan oleh kotoran atau tinja, yang dibawa lalat dan menempel pada makanan.

Virus yang masuk ke dalam tubuh anak akan menyebabkan kerusakan pada hati. Selain itu, jika virus sudah menyerang ke sel tubuh, kulit anak akan menjadi kuning dan ia akan kejang hingga hilang kesadaran. Sebagai tindak pencegahan penyakit hepatitis A, orang tua sangat perlu mengajarkan anak pola hidup bersih setiap hari.