6 Penyakit yang Sering Terjadi pada Anak

Orang tua mana yang tidak khawatir jika melihat buah hatinya sakit. Sebagai seorang Ibu tentu akan melakukan apa saja untuk menyembuhkan sakit yang diderita oleh anaknya. Biasanya ibu akan memberikan obat kepada anak baik obat tradisional yang dibuat sendiri ataupun obat yang dibeli dengan resep dari dokter.

Sebelum mengetahui penyakit apa saja yang sering terjadi pada anak-anak, sebaiknya Anda sebagai orang tua wajib menjaga kesehatan anak seperti menjaga kebersihan dan mengajak anak untuk berolahraga. Anda juga bisa menyediakan obat umum yang bisa dikasihkan kepada anak sewaktu-waktu ketika anak Anda sakit namun harus tetap diperhatikan tanggal kadaluarsa dari obat tersebut.

Berikut 6 Penyakit yang Sering Terjadi pada Anak

Penyakit Perut

Anak sangat rentan dengan penyakit perut, biasanya penyakit ini disebabkan dari faktor makanan. Jika makanan yang dikasihkan pada anak kurang terjaga kebersihannya, maka anak akan mudah mengalami sakit perut. Biasanya saat anak masih balita akan di beri suntikan TCD sebagai imunisai yang dapat mencegah tipus, cholera, dan juga disentri.

Ketiga penyakit tersebut bisa terjadi karena bakteri yang ditularkan melalui air atau makanan yang tercemar oleh kotoran manusia. Bakteri yang terdapat pada makanan bisa menyebabkan radang pada usus si kecil sehingga saat anak buang air akan terdapat lendir dan bisa juga berupa darah. Anak yang mengalami radang pada usus juga bisa mengalami deman cukup tinggi dan bisa berakibat fatal.

Selesma

Penyakit anak yang paling sering terjadi yaitu selesma. Penyakit ini mudah menular baik menular pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Gejala atau anda-tanda dari penyalit selesma yaitu ingusan, batuk, pusing, dan biasanya anak akan mengalami demam.

Campak

Tanda-tanda atau gejala dari penyakit campak hampir mirip dengan gejala penyakit selesma. Selama kurang lebih 5 hari akan muncul bercak-bercak merah pada kulit dan bercak-bercak tersebut akan membuat anak merasa gatal, perih dan juga sakit. Saat ini belum ada obat mujarab yang bisa menyembuhkan penyakit campak, namun ada obat yang bisa digunakan untuk meringankan penyakit tersebut.

Cara meringankan penyakit campak bisa dengan memberi obat seperti ibuproven atau aspirin bagi anak. Memang seiring berjalannya waktu penyakit ini akan hilang dengan sendirinya, tetapi anak yang sedang terkena campak sebaiknya tidak masuk sekolah terlebih dahulu selama 5 hari. Ada hal yang harus Anda ketahui, bahwa penyakit campak pada ibu hamil bisa juga membahayakan bayi dalam kandungannya.

Polio

Polio merupakan penyakit yang membahayakan, akhir-akhir ini banyak anak yang terkena penyakit polio terutama di negara-negara berkembang. Seharusnya seiring berkembangnya jaman anak harus sudah bebas dari penyakit polio. Namun ternyata sampai saat ini masih banyak anak yang harus mengalami penyakit tersebut.

Gejala dari penyakit polio yaitu terdapat virus yang menyerang pada bagian otot kaki dan badan sehingga bisa mengakibatkan kelumpuhan dan kematian pada anak yang menderita penyakit polio.

Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang sering diderita oleh anak-anak. Penyebab dari penyakit ini yaitu kotoran yang menempel pada anak tidak dicuci dan anak langsung makan makanan tanpa menggunakan sendok. Penyakit cacingan juga bisa terjadi akibat makanan yang tidak direbus dengan baik.

Flu

Flu biasanya disebabkan akibat virus ganas yang mudah menyerang si kecil. Gejala dari penyakit flu biasanya anak mengalami demam tinggi, sakit perut, dan nyeri pada badan. Cara mengatasi penyakit flu pada anak yaitu dengan memberikan obat sesuai dengan resep dokter.

Penyakit yang Sering Terjadi pada Anak