Berbagai Masalah penyakit Gigi pada Anak

Penyakit gigi merupakan penyakit yang berdampak pada proses tumbuh kembang anak kerena anak yang menderita penyakit gigi akan mengalami kekurangan gizi akibat nafsu makan menjadi berkurang. Anak yang menderita sakit gigi akan membuat mereka enggan melakukan aktifitas belajar sehingga prestasi belajar bisa menurun akibat sakit gigi yang dialami.

anak sakit gigi

Berikut Berbagai Masalah yang Sering terjadi pada Gigi Anak

Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa juga disebut dengan karies gigi, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi. Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, maka  lubang gigi akan semakin membesar dan lubangnya akan lebih mendalam sehingga infeksi bisa terjadi pada persyarafan gigi. Akibat gigi berlubang yang tidak diatasi bisa menyebabkan gigi menjadi mati (non-vital).

Gigi berlubang yang terjadi pada anak akan membuat anak merasa kesulitan saat mengunyah makanan. Jika kejadian ini berlanjut, maka akan berujung pada penurunan nafsu makan anak dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini akan menyebabkan anak jadi kekurangan gizi. Selain itu, jika infeksi gigi menjalar ke bagian yang lunak maka akan menyebabkan abses pada bagian lunak tersebut.

Cara mengatasi gigi berlubang bisa dengan memeriksakan ke dokter agar segera ditangani meski harus digantikan dengan gigi permanen atau gigi tetap. Dokter akan menjelasakan lebih jelas lagi mengenai berbagai alternatif yang sesuai dengan kasus lubang gigi yang dialami anak. Tergantung pada tingkat keparahan yang dialami lubang gigi tersebut.

Penyakit Gusi

Gusi merupakan penyakit yang bisa disebabkan akibat infeksi bakteri, penyakit ini bisa disebut dengan penyakit gingvitis. Penyakit gusi merupakan penyakit yang masih bisa diperbaiki dengan baik, namun jika gusi mengalami pendarahan yang terus menerus biasanya gigi akan menonjol dan akhirnya bisa tanggal dengan sendirinya.

Adapun tanda-tanda atau gejala pada penyakit gigi biasanya disertai pada mulut yang bau dan gusi memerah terlihat lebih lunak, sehingga pendarahan bisa mudah terjadi pada bagian gusi. Gigi akan mudah sakit dan terasa nyeri akibat gusi yang sensitif, terlebih jika saat mengunyah makanan gusi akan terasa ngilu.

Adanya penimbunan karang gigi berwarna coklat dan mengeras pada permukaan gigi bisa menjadi salah satu sebab terjadinya penyakit pada gusi. Cara mencegah penyakit gusi pada anak yaitu menganjurkan anak untuk memeriksakan kesehatan gigi secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menjagakebersihan gigi secara baik dan sesuai dengan oral hygiene pada setiap nutrisi yang seimbang.

Jika penyakit gusi terjadi pada orang dewasa, sebaiknya hindari merokok dan mengunyah tembakau serta usahakan menggosok gigi secara teratur. Kesehatan gigi harus benar-benar dijaga dari mulai kebersihan gigi dan cara merawat gigi agar terhindar dari berbagai masalah penyakit gigi.

Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Cara mendeteksi pertumbuhan gigi pada anak usia dini bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan cara memijat gusi menggunakan tangan ke pertengahan gusi. Jika ada gigi yang akan tumbuh, maka saat jari memijat bagian gusi bisa merasakan seperti ada bagian tajam yang meraba jari tersebut.

Pertumbuhan gigi tidak selalu terjadi dengan adanya gejala  khusus. Namun ada juga gigi yang tumbuh dengan gejala iritasi pada bagian mulut dan bisa jadi gejala pertumbuhan gigi yaitu adanya lendir yang keluar dari mulut.

Pertumbuhan gigi akan tumbuh pada anak yang berusia 4 sampai 6 bulan. Namun ada juga anak yang mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan gigi. Pada umumnya pertumbuhan gigi dimulai dari gigi seri depan bawah, kemudian dilanjutkan dengan gigi seri depan atas.