Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Salah satu permasalahan yang banyak terjadi pada anak-anak yaitu gigi yang berlubang dan geripis. Hal ini tentu banyak di alami oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak belum terlu paham tentang cara menjaga kesehatan gigi. Oleh sebab itu di sini orang tua perlu mengajarinya kebiasan-kebiasan yang cara merawat gigi yang baik. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya :

  • Sikat Gigi Secara Rutin

Menyikat gigi merupakan kegiatan yang wajib dan harus dibiasakan pada anak sejak dini. Karena menyikat gigi memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran pada gigi. Akan tetapi tidak juga sembarangan menyikat, lakukan cara yang benar. Gunakan pasta gigi dan sikat gigi yang sudah standar baik. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan selama dua sampai tiga menitan. Dan setiap hari kita disarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali. Waktu menyikat gigi yang baik yaitu pagi dan sebelum tidur.

  • Batasi Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan gigi jika dikonsumsi setiap hari dan tidak di batasi. Makanan dan minuman tersebut antara lain yaitu Alkohol, Soda, serta makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti permen dan roti crackers. Boleh-boleh saja mengkonsumsinya tapi jangan terlalu banyak dan sering. Dan yang paling penting rajin sikat gigi.

  • Gunakan Gigi Sesuai Fungsinya

Fungsi Gigi yang sebenarnya yaitu untuk mengunyah makanan. Akan tetapi sering kali gunakan untuk membuka bungkusan plastic, membuka tutup botol, mengupas kulit kacang, dll. Ternyata kebiasaan itu lama kelamaan akan merusak gigi. Apalagi anak-anak ketika masih balita pasti suka sekali menggigit benda-benda, seperti mainanya. Jadi biasakan anak untuk tidak melakukan hal itu. Gunakan gigi hanya untuk mengunyah makanan.

  • Membersihkan Lidah Secara Rutin

Di dalam mulut ada dua organ vital yaitu gigi dan lidah. Lidah di sini juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Karena lidah berperan dalam membantu gigi untuk mengunyah makanan. Jadi selain rajin membersihkan gigi, harus rajin juga membersihkan lidah, bisa dengan menyikatnya dan tidak merokok. Karen ketika lidah kotor maka bisa membuat banyak kuman berkembang dan menimbulkan plak pada gigi.

  • Mengkonsumsi Buah

Ada beberapa jenis buah yang bagus untuk kesehatan gigi ketika kita mengkonsumsinya. Buah-buahan tersebut antara lain yaitu apel, seledri, dan wortel. Ketiga buah tersebut bertindak menghilangkan noda membandel pada gigi. Sehingga gigi akan bersih dan terhindar dari plak.

Itulah beberapa kebiasaan sehat yang bisa dibiasakan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari anak untuk menjaga kesehatan gigi. Biasakan sejak dini agar terhindar dari sakit gigi dan masalah mulut lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat baik untuk anda.

Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Anak Di Musim Hujan

Saat musim hujan banyak sekali anak yang terkena batuk,pilek, atau demam. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri penyakit mudah sekali berkembang biak saat musim hujan. Apalagi jika banyak genangan-genangan air sisa hujan. Oleh sebab itu penting sekali kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan si kecil saat musim hujan. Akan tetapi tidak hanya di musim hujan saja, melainkan setiap saat.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan anak saat musim hujan agar tidak mudah sakit? Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga tubuh anak agar tidak mudah sakit saat musim hujan :

  • Memperbanyak Makanan dan Minuman Yang Bergizi Tinggi

Dengan banyak mengkonsumsi makanan dan yang bergizi, maka kebutuhan nutrisi tubuh anak akan terpenuhi dengan baik. Dengan begitu daya tahan tubuh anak akan meningkat. Dan kebutuhan cairan tubuh anak juga dapat terpenuhi dengan baik. Sehingga tubuh bisa menangkal bakteri dan virus penyakit yang menyerang.

  • Konsumsi Vitamin Anak

Memberikan vitamin kepada anak secara rutin juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak di musim hujan. Anak akan memperoleh asupan nutrisi tambahan yang banyak, sehingga daya tahan tubuh meningkat dan kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Salah satunya ada Madu Antariksa.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh. Apalagi anak-anak, mereka harus dibiasakan sejak dini agar mengerti bahawa itu suatu hal yang penting. Salah satunya yaitu kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah melakukan aktivitas. Tidak hanya itu kita sebagai orang tua juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungannya, mulai dari alat makan, tempat tidur, dan semua sudut rumah yang sering digunakan si kecil. Jangan sampai ada genangan air yang bisa menjadi tempat berkembangnya virus dan bakteri penyakit.

  • Cukupi Waktu Istirahat Anak

Istirahat merupakan salah satu hal yang berpengaruh juga terhadap kesehatan. Istirahat yang terbaik yaitu tidur yang cukup. Oleh sebab itu, pastikan pola tidur anak teratur. Buat jadwal tidur siang dan malam anak. Karena tubuh sangatlah perlu istirahat untuk mengembalikan stamina atau energi tubuh.

  • Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian yang bagus untuk menjaga kesehatan anak di musim hujan yaitu tebal dan hangat. Karena saat musim hujan, suhu udara akan terasa lebih dingin dan bisa menyebabkan masuk angin pada anak. Apalagi saat anak beraktivitas di luar ruangan, pastikan pakaiannya tebal dan hangat.

Itulah beberapa cara tepat untuk menjaga kesehatan anak di musim hujan. Saat sekarang ini sedang berada di musim hujan, sehingga lakukan 5 hal di atas agar anak tidak mudah sakit.

Cara Meningkatakan Daya Tahan Tubuh Anak yang Lemah

Sebagai orang tua tentu akan merasa bahagia sekali ketika melihat anaknya selalu sehat. Ketika anak sedang sakit, rasanya ingin sekali memindahkan sakit itu agar secepatanya anak bisa ceria dan sehat kembali. Meskipun kita sudah berusaha  dengan baik, kadang anak juga tetap bisa terkena sakit karena tertular dari orang lain. Oleh sabab itu, kita harus tahu caranya supaya anak tetap sehat, bisa terus bermain , dan melakukan beragam aktivitas lainnya. 

Bagi yang anaknya mudah sakit, berikut ada beberapa tips tentang kebiasaan sehat yang dapat anda praktekkan agar kesehatan anak selalu terjaga sehingga tidak mudah sakit.

  • Cuci tangan

Jangan remehkan hal ini ya bun. Hal sederhana seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan hal yang sangat penting dan dapat menjadi benteng perlindungan anak ddari penyakit. Mencuci tangan berfungsi untuk mengurangi kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengajari si kecil agar rajin mencuci tangan selama 15-20 detik. Selain itu ajari kiha si kecil untuk membersihkan anggota tubuh lainnya dengan mandi secara teratur, rutin menyikat gigi,

  • Makan beragam jenis makanan sehat

Memakan beragam jenis makanan membuat si kecil mendapatkan beragam nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Nutrisi lengkap tersebut berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, daging dll. Untuk camilan sebaiknya berikan anak camilan sehat seperti buah-buahan, biskuit, kacang-kacangan, dll.

  • Minum air putih & susu

Sebaiknya untuk anak-anak batasi minuman kemasan seperti soda, the, dll. Jika si kecil haus, beri dia air putih. Selain itu, berikan juga susu karena baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Waktu tidur si kecil juga berbeda-beda sesuai dengan usianya.

0-3 bulan             : 14-17 jam/hari

4-11 bulan           : 12-15 jam/hari

1-2 tahun            : 11-14 jam/hari

3-5 tahun            : 9-10 jam/hari

6-13 tahun          : 9-11 jam/hari

Ketika si kecil kurang tidur, tubuhnya akan menjadi rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, tidur yang cukup juga sangat penting karena memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Saat anak sedang sakit, segera bawa ke dokter dan biarkan dia istirahat agar tubuhnya cepat pulih.

  • Berolahraga

Mengajak anak untuk berjalan-jalan, bersepeda, atau berenang lebih baik daripada membiarkan dia menonton televisi atau bermain game seharian. Dengan berolahrraga, daya tahan tubuh si kecil akan lebih baik. Olahraga secara teratur dapat menurangi resiko si kecil terserang flu sebanyak 25-50%/tahun.

Selain itu anda juga dapat memberikan vitamin tambahan seperti Madu Antariksa untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Itulah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar selalu sehat dan tidak gampang sakit. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi jangan sembarangan ya. Jaga pola makan, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Semoga kita semua selalu sehat dan bisa beraktifitas dengan kondisi tubuh yang baik.