Cara Meningkatakan Daya Tahan Tubuh Anak yang Lemah

Sebagai orang tua tentu akan merasa bahagia sekali ketika melihat anaknya selalu sehat. Ketika anak sedang sakit, rasanya ingin sekali memindahkan sakit itu agar secepatanya anak bisa ceria dan sehat kembali. Meskipun kita sudah berusaha  dengan baik, kadang anak juga tetap bisa terkena sakit karena tertular dari orang lain. Oleh sabab itu, kita harus tahu caranya supaya anak tetap sehat, bisa terus bermain , dan melakukan beragam aktivitas lainnya. 

Bagi yang anaknya mudah sakit, berikut ada beberapa tips tentang kebiasaan sehat yang dapat anda praktekkan agar kesehatan anak selalu terjaga sehingga tidak mudah sakit.

  • Cuci tangan

Jangan remehkan hal ini ya bun. Hal sederhana seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan hal yang sangat penting dan dapat menjadi benteng perlindungan anak ddari penyakit. Mencuci tangan berfungsi untuk mengurangi kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengajari si kecil agar rajin mencuci tangan selama 15-20 detik. Selain itu ajari kiha si kecil untuk membersihkan anggota tubuh lainnya dengan mandi secara teratur, rutin menyikat gigi,

  • Makan beragam jenis makanan sehat

Memakan beragam jenis makanan membuat si kecil mendapatkan beragam nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Nutrisi lengkap tersebut berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, daging dll. Untuk camilan sebaiknya berikan anak camilan sehat seperti buah-buahan, biskuit, kacang-kacangan, dll.

  • Minum air putih & susu

Sebaiknya untuk anak-anak batasi minuman kemasan seperti soda, the, dll. Jika si kecil haus, beri dia air putih. Selain itu, berikan juga susu karena baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Waktu tidur si kecil juga berbeda-beda sesuai dengan usianya.

0-3 bulan             : 14-17 jam/hari

4-11 bulan           : 12-15 jam/hari

1-2 tahun            : 11-14 jam/hari

3-5 tahun            : 9-10 jam/hari

6-13 tahun          : 9-11 jam/hari

Ketika si kecil kurang tidur, tubuhnya akan menjadi rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, tidur yang cukup juga sangat penting karena memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Saat anak sedang sakit, segera bawa ke dokter dan biarkan dia istirahat agar tubuhnya cepat pulih.

  • Berolahraga

Mengajak anak untuk berjalan-jalan, bersepeda, atau berenang lebih baik daripada membiarkan dia menonton televisi atau bermain game seharian. Dengan berolahrraga, daya tahan tubuh si kecil akan lebih baik. Olahraga secara teratur dapat menurangi resiko si kecil terserang flu sebanyak 25-50%/tahun.

Selain itu anda juga dapat memberikan vitamin tambahan seperti Madu Antariksa untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Itulah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar selalu sehat dan tidak gampang sakit. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi jangan sembarangan ya. Jaga pola makan, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Semoga kita semua selalu sehat dan bisa beraktifitas dengan kondisi tubuh yang baik.