Mitos Kesehatan Anak yang Tidak Benar

Mitos Kesehatan Anak yang Tidak BenarBanyak anggapan atau mitos kesehatan anak yang muncul dan berkembang secara cepat di tengah masyarakat sekitar yang tidak benar adanya.Seperti contoh anak tak boleh keluar dari kamar tidur dan harus segera berbaring di tempat tidur dengan mengenakan pakaian tebal, jaket dan juga selimut tebal hingga setebal mungkin agar anak tidak terserang penyakit. Hal tersebut sebenarnya sangatlah tidak tepat, karena hanya akan membuat anak merasa tidak nyaman. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat anak tetap nyaman dan menjadikan anak merasa lebih sehat. Bebe rapa ini merupakan mitos kesehatan anak yang penting untuk Anda simak :

  • Anak Terserang Pilek Jika Kedinginan

Banyak orang tua yang merasa khawatir ketika anaknya kedinginan akibat air hujan atau angin kencang dan dapat menyebabkan anak terserang flu. Hal ini tidak benar adanya karena flu datang di sebabkan oleh virus yang di tularkan oleh orang lain dan juga menyebabkan batuk dan bersin.

  • Suhu Dalam Ruangan Harus Lebih Hangat Dibandingkan Orang Dewasa

Untuk suhu lingkungan dan ruangan sekitar tidak berbeda jauh pada bayi dan dewasa.

  • Para Orang Tua Merasa Cemas Apabila Anak Memiliki Suhu Badan yang Tinggi ataupun Rendah

Mitos kesehatan anak selanjutnya yaitu ketika anak memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi ataupun lebih rendah di bandingkan orang dewasa maka, mereka sudah waspada dan sangat khawatir. Hal tersebut sebenarnya tak perlu di khawatirkan, karena suhu tubuh pada anak berubah sesuai dengan cuaca yang terjadi atau reaksi dari ekspresi seorang anak, jadi tidak benar apabila suhu anak yang tinggi atau rendah, maka anak terserang penyakit.

  • Menghisap Ubu Jari Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Kebiasaan menghisap jempol merupakan suatu kebiasaan yang lumrah di lakukan banyak orang demi mendapatkan kepuasan atau suatu kebiasaan yang wajar di lakukan oleh bayi dan hal itu bisa hilang dengan sendirinya. Menghisap jempol nyatanya tak merusak gigi secara signifikan, hanya saja pergeseran gigi bisa saja terjadi.

  • Jika Anak Makin Cepat Berdiri Sendiri Maka Kaki Anak Bengkak

Banyak bayi yang merasa senang untuk berdiri dengan di pegangi tangannya oleh seseorang. Dalam hal ini sebenarnya tidak membawa pengaruh buruk bagi bayi karena banyak bayi yang mengalami pembengkokan ketika berdiri, akan tetapi ketika dewasa maka kaki anak bisa lurus dengan sendirinya. Untuk hal ini maka orang tua perlu melihat asupan makanan anak sehingga anak bisa tumbuh sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa mitos kesehatan anak yang salah persepsi yang telah di berikan. Penting bagi orang tua untuk mengetahui kebutuhan anak dan menjaha kesehatan anak agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.