Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak

Kulit merupakan bagian yang sangat sensitif bagi anak-anak. Penyakit kulit biasanya akan menyerang anak ketika terjadi perubahan cuaca dan anak memiliki alergi pada kulit bisa juga karena bakteri yang menempel di kulit anak dan jamur atau virus yang dapat menyebar pada kulit. Gejala yang menyerang penyakit kulit pada umumnya yaitu diawali dengan tanda-tanda seperti ruam merah dan juga gatal-gatal pada kulit.
Sebagai orang tua, Anda wajib menjaga anak agar terhindar dari penyakit kulit. Cara agar Anda bisa mencegah terjadinya penyakit kulit pada anak yaitu mengetahui gejala, ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasinya.

Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak
contoh kulit terkena penyakit

Berikut Penyakit kulit yang bisa menyerang Anak

  1. Cacar Air
    Gejala dari penyakit cacar air pada anak yaitu anak akan mengalami demam yang cukup tinggi selama 2 hari atau bisa lebih. Kemudian tumbuh gelembung-gelembung yang berisikan air pada bagian kulit seperti kulit bagian kaki, tangan, badan dan anggota tubuh lainnya. Gelembung-gelembung tersebut biasanya akan terasa gatal dan jika sudah pecah maka akan mengering dan bisa menjadi koreng.
    Penyakit cacar air merupakan penyakit kulit yang serius dan wajib di atasi secepatnya agar tidak menular ke bagian kulit lainnya. Cara mengatasi penyakit cacar air yaitu melakukan vaksin cacar disaat anak masih usia dini. Adapun penyebab dari cacar air yaitu virus herpes varicella zoster yaitu virus yang menyerang pada kulit anak.
  2. Impetigo
    Tanda-tanda dari penyakit kulit impetigo yaitu terdapat bintik-bintik merah pada anak dengan ukuran yang kecil dan melepuh berisi nanah sehingga jika nanah tersebut pecah maka akan mengering dan menjadi koreng. Penyakit impetigo ini biasanya terjadi pada anak yang kurang menjaga kebersihannya sehingga bakteri akan mudah masuk ke kulit.
    Penyakit impetigo biasanya timbul di bagian wajah, lengan dan bisa juga timbul di tukai. Adapun penyebab dari Impetigo yaitu adanya bakteri streptococcus pyogenes atau biasa disebut dengan nama streptococus beta hemolyticus group A. Cara mengatasi penyakit kulit impetigo yaitu dengan memberikan obat antibiotik dalam bentuk pil atau salep sesuai dengan resep dokter.
  3. Biang Keringat
    Tanda-tanda terjadinya penyakit biang keringat pada anak yaitu timbul bintik-bintik kecil berwarna merah dan bintik-bintik tersebut biasanya akan membuat anak merasa gatal. Bintik-bintik merah tersebut biasanya berisi air dan bentuknya kecil. Penyebab dari penyakit kulit biang keringat yaitu tersumbatnya saluran keringat oleh sel-sel kulit mati, biasanya penyakit ini terjadi di waktu musim panas.
    Cara yang tepat untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan melakukan pengobatan khusus, kemudian menghindari suhu yang terlalu panas dan memberikan pakaian yang longgar untuk mengantisipasi terjadinya luka akibat gesekan-gesekan baju yang bersentuhan langsung dengan kulit.
    Namun jika penyakit kulit biang keringat ini menyerang pada orang dewasa, maka cara mengatasinya bisa menggunakan krim hidrokortison atau bisa juga menggunakan lotion calamine yang bisa Anda beli di apotik terdekat.
  4. Kadas
    Tanda-tanda dari penyakit kulit kadas yaitu adanya lingkaran berwarna merah pada anak dan lingkaran merah tersebut biasanya bersisik serta melepuh. Biasanya anak akan merasa perih akibat tumbuhnya lingkaran merah tersebut, semakin lama lingkaran dibiarkan maka akan semakin membesar seperti menyerupai bentuk cincin.
    Penyebab dari penyakit kadas yaitu adanya jamur yang tumbuh pada kulit mati dan cara mengatasinya bisa menggunakan salep atau bisa juga menggunakan krim anti jamur yang bisa Anda beli di Apotik.
  5. Eksim
    Eksim merupakan penyakit kulit yang sering terjadi pada anak akibat ruam yang tumbuh di kulit dan ruam tersebut biasanya bersisik. Anak akan merasa gatal akibat gelembung kecil dan ruam merah yang tumbuh di kulit.