Waspada Terhadap Penyakit Anak yang Berbahaya

Sebagai orang tua, Anda wajib menjaga kesehatan buah hati sebagai generasi penerus masa depan keluarga. Orangtua akan melakukan apa saja demi kebaikan anaknya. Banyak dari orang tua yang rela berkorban demi kebaikan anak mereka, termasuk dalam bidang kesehatan anak. Banyak orang tua yang sangat antusias untuk mengikuti program imunisasi yang diadakan pemerintah.
Namun tidak semua orang tua memiliki kesadaran yang tinggi terhadap program imunisasi tersebut sehingga sering diabaikan. Kesadaran masyarakat mengenai imunisai memang tergolong rendah khususnya di negara-negara berkembang. Hal ini menyebabkan anak mudah terserang penyakit berbahaya akibat orang tua mengabaikan program imunisai yang diadakan oleh pemerintah tersebut.

Orang Tua Wajib Waspada Terhadap Penyakit Anak yang Berbahaya

anak terkena penyakit flu

 

Infeksi Saluran Nafas Bawah

Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit infeksi saluran nafas bawah mencapai 4 juta jiwa pertahunnya. Penyakit ini bisa terjadi pada anak yang tidak mendapatkan perlindungan vaksin imunisasi. Angka kematian yang disebabkan akibat penyakit ini lebih besar dibandingkan dengan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit HIV/AIDS.

Penyakit Malaria

Memang kebanyakan menderita penyakit malaria yaitu orang yang jauh dari Negara Indonesia. Akan tetapi, penyakit malaria sangat mengkhawatirkan karena sudah banyak orang yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Di Negara Afrika banyak sekali anak yang terkena penyakit malaria hingga tercatat bahwa setiap 30 detik ada satu anak meninggal dunia karena penyakit tersebut.
Angka kematiannya mencapai 1-1,5 juta orang pertahunnya. Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles betina hingga darah yang dihisap oleh nyamuk tersebut banyak. Jika anak Anda diimunisasi sejak kecil, maka setidaknya bisa menangkal racun dari gigitan nyamuk yang mematikan tersebut.

Diare

Meskipun diare merupakan penyakit umum yang sering terjadi pada anak, namun bukan berarti diare adalah penyakit yang bisa dianggap enteng. Obat dari penyakit diare memang cukup banyak, mulai dari obat tradisional hingga obat yang dikasihkan dari resep dokter. Namun jika diare menyerang pada anak, maka bisa menimbulkan dampak yang lebih fatal dibandingkan dengan diare yang menyerang orang dewasa.
Batuk Rejan
Batuk rejan merupakan penyakit mematikan hingga angka kematiannya mencapai 200.000-300.000 jiwa per tahunnya. Penyakit mematikan ini bisa menular, sehingga setiap orang tua wajib waspada terhadap penyakit-penyakit berbahaya seperti batuk rejan ini. jika sudah terinfeksi sekali saja, maka penyakit yang ditimbulkan akan lebih berbahaya terutama pada saluran pernafasan.
Cara mengobati batuk rejan harus menggunakan obat antibotik. Akan tetapi, jika anak sudah divaksin sejak dini, maka kekebalan tubuhnya lebih susah ditembus sehingga bisa menangkal penyakit berbahaya ini. Jadi perbedaan anak yang diimunisasi sejak kecil dengan anak yang tidak diimunisasi bisa dilihat dari kekebalan tubuh yang mereka miliki.

Penyakit TB (Tuberculosis)

TB merupakan penyakit berbahaya yang mematikan, sehingga anak haruk dihindarkan dari penyakit TB. Orang yang terkena penyakit TB ini bisa mencapai hingga 2 miliar orang setiap tahunnya. Penyakit TB merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya. TB bisa menular melalui bersin dan juga batuk. Jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena TB, lebih baik jauhkan dari anak Anda.
Itulah penyakit berbahaya bagi anak yang wajib Anda waspadai. Sebagai orang tua Anda harus bisa memberikan kasih sayang kepada anak sebagaimana mestinya. Seperti mengikuti program vaksin imunisasi agar anak terhindar dari penyakit berbahaya seperti yang sudah dijelaskan. Selain itu anak juga akan memiliki kekebalan tubuh yang bagus untuk menangkal penyakit yang tidak diingikan.